Tempat Wisata di Samarinda

Tempat Wisata di Samarinda

Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia serta salah satu kota terbesar di Kalimantan. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi sebuah "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur.

 Selain itu, Samarinda juga dikenal dengan kain tenun nya yang mempunyai motif kotak kotak dan juga berbagai warna namun tidak hanya itu saja

ternyata kota ini memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat menarik dan populer. Jika anda sedang berkunjung di Kota Samarinda, maka jangan sampai melewatkan tempat tempat wisata yang ada disini.

  1. Tempat Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Tempat Wisata Air terjun Pinang Seribu terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara ini memiliki bentuk yang unik yang berupa undakan seperti anak tangga sehingga bisa dinaiki. Bagi Anda yang ingin bermain bersama anaknya jangan khawatir karena Air Terjun Pinang Seribu ini mengalir tidak terlalu deras sehingga relatif aman.

Selain bermain air,bisa juga menyewa sepeda air seharga 15.000 Rupiah yang bisa Anda gunakan untuk untuk mengelilingi danau buatan. Jika Anda hobby memancing bisa juga membayar 10.000 Rupiah untuk memancing di kolam sepuasnya. Di tempat ini juga ada banyak sekali gazebo untuk bersantai sambil menikmati makanan Anda. Untuk harga Tiket untuk masuk ke Air Terjun Pinang Seribu ini adalah 5.000 Rupiah per orang.

 

  1. Air Terjun Tanah Merah Samarinda

 Tempat Wisata Air Terjun Tanah Merah merupakan sebuah air terjun yang terletak di Dusun Purwosari, Samarida Utara, Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dan tergolong unik, karena air yang mengalir kelihatannya jernih, namun ketika di bawah, air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini disebabkan tanah di sini berjenis gambut. Di sekitar air terjun tersedia gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai menikmati keindahan air terjun, warung makan, dan area bermain anak. Jarak tempuh menuju Air Terjun Tanah Merah lebih kurang sekitar 14 km dari kota Samarinda. Tempat

wisata yang satu ini mudah sekali diakses dengan menggunakan transportasi umum, Anda hanya cukup naik angkot jurusan Pasar Segiri – Sungai Siring.

 

  1. Tempat Wisata Kebun Raya Unmul Samarinda

 Kebun Raya Unmul Samarinda adalah Tempat wisata pendidikan milik Universitas Mulawaman dan sekarang ini sudah terbuka untuk umum. Jarak menuju Kebun Raya Unmul Samarinda lebih kurang sekitar 10 km dari pusat kita Samarinda. Jika anda ingin masuk di area tempat wisata ini, anda cukup membayar Rp 5.000 / orang.

 Di kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda terdapat danau besar, anda bisa menyewa sepeda air untuk berkeliling danau atau menggunakan andong untuk berkeliling kawasan ini. Selain itu di tempat wisata ini juga mempunyai kebun binatang mini dan juga museum kayu yang berinformasi tentang berbagai jenis kayu di Kalimantan.

 

  1. Tempat Wisata Telaga Permai Batu Besaung Samarinda

 

 Telaga Permai Batu Besaung merupakan kawasan hijau yang biasa digunakan untuk lokasi berkemah. meski tak berkemah, anda bisa menikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung di sini. Jarak menuju Telaga Permai Batu Besaung sekitar 15 km dari kota Samarida. Ketinggian tanah di kawasan Telaga Permai Batu Besaung ini bervariasi, sehingga sungai yang melaluinya menyerupai air terjun pendek.

 Keindahan alam dan lingkungannya dipenuhi dengan pohon hijau, sehingga membuat Telaga Permai Batu Besaung menjadi sebuah tempat yang cocok untuk berkemah jika anda ingin berkemah di daerah ini. Kegiatan rekreasi diluar ruangan ini pada umumnya dilakukan untuk sementara waktu menjauh dari keramaian dan kebisingan kota. Telaga Permai Batu Besaung dapat menyediakan suasana tenang seperti itu.

 

  1. Tempat Wisata Desa Budaya Pampang Samarinda

 Desa budaya Pampang merupakan salah satu tempat untuk Anda bisa belajar tentang budaya lain yang ada di Samarinda tempat wisata yang satu ini banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki keunikan sendiri, Desa ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Pada akhir pekan banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke tempat yang satu ini untuk Menikmati keindahan yang diberikan oleh desa ini.

Pada akhir pekan, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota maupun luar negeri. Setiap hari Minggu, pada pukul 13:00 - 15:00 diadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa. Gedung ini unik karena berupa rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku. Menariknya, pada saat sedang berlangsung pertunjukan seni, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adatnya.

 

  1. Tempat Wisata Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda

 

Taman Rekreasi Lembah Hijau merupakan salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Obyek wisata ini merupakan perpaduan wisata alam dengan berbagai sajian atraksi yang disediakan. Tak kalah dengan berbagai obyek wisata terkenal lainnya di kota Samarinda, Taman Rekreasi Lembah Hijau ini juga mampu menarik perhatian berbagai wisatawan yang datang ke kota ini.

 Selian itu, Di kawasan obyek wisata ini juga menyediakan fasilitas outbond. Berbagai wahana permainan pun juga bisa dinikmati oleh para pengunjung di sini, seperti waterboom, flying fox dan beraneka macam wahana permainan lainnya. Untuk wisatawan yang berkunjung bersama keluarga, tersedia tempat bermain bagi anak-anak. Untuk haga tiket masuk ke tempat wisata ini Rp 5.000 per orang, paket outbond Rp. 180.000 per orang.

  

  1. Tempat Wisata Tjiu’s Palace Samarinda

 Tjius palace merupakan wahasa wisata keluarga yang memiliki banyak atraksi hiburannya seperti kolam pemancingan ikan, sepeda air (kayuh dan mesin) dengan memiliki bentuk yang cukup unik yaitu seperti binatang lucu (bebek, naga dll), ada juga yang berbentuk mobil, kapal besar, sepeda motor dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat kereta api dan kolam khusus anak-anak yang mengelililngi area bersepeda air. Dan juga terdapat lapangan futsal. Untuk memasuki tempat wisata ini tidak dikenakan tarif, namun pada saat didalam tempat wisata ini dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Untuk seseorang yang mempunyai hobby memancing, tempat ini sangat cocok. Tempat wisata ini terletak di daerah Sambutan tepatnya pada Jalan Sultan Sulaiman (pelita 6) Samarinda.

 

  1. Tempat Wisata Kampung Tenun Samarinda

 Nah Salah satu yang khas dari kota Samarinda adalah kain tenunnya. Kain tenun khas Samarinda memiliki motif kotak-kotak yang cantik. Jika ingin membeli kain tenun ini sebagai oleh-oleh, silakan datang ke Kecamatan Samarinda Seberang.

 Ada dua kampung yang menjadi pusat kerajinan ini yaitu Kampung Baqa dan Kampung Masjid. Kedua kampung ini menjadi tempat wisata bagi pengunjung dari luar kota. Di sini, selain membeli kain, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya. Proses pembuatan kain ini masih sangat sederhana karena tetap menggunakan alat tenun bukan mesin yang disebut ‘Gedokan’.

  

  1. Tempat Wisata Masjid Islamic Center Samarinda

 Masjid Islamic Center merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi di kota ini. Arsitektur masjid terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, misalnya pada kubah besarnya yang bermotif. Masjid ini memiliki satu menara utama setinggi 99 meter yang disesuaikan dengan asmaul husna, dan enam menara dengan ukuran lebih pendek yang melambangkan rukun iman.

 Selain itu, anak tangga menuju ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah, jumlah yang sama dengan butiran tasbih. Masjid ini terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2008.

 

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar