Tentang Kami

SELAYANG PANDANG

 SMP Negeri 1 Samarinda adalah SMP tertua di propinsi Kalimantan Timur.  Sekolah ini didirikan 2 tahun setelah Indonesia merdeka di kota Samarinda, ibukota propinsi Kalimantan Timur

Sekolah ini sangat strategis karena terletak di jantung kota yang dilewati oleh eluruh jalur angkutan kota yang menghubungkan seluruh penjuru kota, sehingga setiap iswa yang berdomisili di berbagai penjuru 'koto dapat dengan mudah menjangkau ekolah ini.

Gedung dari sekolah ini menempati areal 7.494 m2, yaitu yang terdiri dari 32 ruangan kelas, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang wakil Kepala, 1 ruang staff administrasi, ruang guru, 1 ruang BP, 1 ruang lab IPA, 2 ruang Lab Bahasa, 3 ruang Lab komputer, 1 ruang perpustakaan, 10 ruang toilet, 1 ruang OSIS dan beberapa ruang gudang.

Sekolah ini termasuk sekolah yang berukuran besar yaitu dengan kapasitas 1400 iswa dan didukung oleh 75 orang guru (termasuk kepala sekolah dan 15 GTT) dan 13 orang tenaga non-teaching staff.

Sebagai SMP tertua, sekolah ini telah memainkan peran penting dalam pembangunan propinsi Kaltim pada umumnya dan Kota Samarinda pada khususnya. Banyak di antara para pimpinan organisasi baik pada instansi pemerintahan maupun swastadi propinsi ini (dan khususnya di kota Samarinda), yang diluluskan sekolah ini. Ini termasuk para pimpinan perbankan, perusahaan, pengadilan, pemerintahan dan lain-Iain. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika pada akhirnya mereka juga menyekolahkan putra-putrinya di sekolah ini. Banyak di antara orang kaya yang juga melakukan hal yang sama. Sebagai akibatnya sekolah ini dikenal sebagai SMP favorit di Samarinda. dan sampai pada dasawarsa terkhir ini, telah terjadi persaingan yang ketat di antara orang tua agar dapat memperoleh kesempatan untuk dapat merigirimkon putra-putrinya ke sekolah ini.

            Pada Tahun Pelajaran 2003/2004 sampai dengan 2006/2007 Sekolah ini menyelanggarakan Sekolah Standar Nasional (SSN). Berdasarkan penialaian dari Pusat sekolah ini dipandang layak dan mampu untuk menuju ke jenjang yang labih baik, oleh karena itu pada Tahun pelajaran 2004/2005 sampai dengan 2006/2007 sekolah ini meningkat menjadi Sekolah Koalisi Nasional (satu-satunya di Kalimantan Timur), setelah sukses melaksanakan Sekolah Koalisi Nasional (SKN) sekolah ini menuju ketingkat yang labih baik lagi. Berdasarkan SK Mendiknas No. 543/C3/KEP/2007 Sekolah ini menjadi sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Pada tahun pelajaran 2009/2010 di sekolah ini telah melaksanakan program Reguler, R-SBI, dan Akselerasi R-SBI (Percepatan, waktu sekolah hanya 2 Tahun)

Pada tahun pelajaran 2013/2014 sekolah pindah di Jalan Kadrie Oening  tepatnya dikomplek perumahan Kehutanan dan PWI atau sekarang menjadi Jalan Drs. H. Anang Hasyim

Seiring berjalannya waktu sejak berdiri hingga sekarang telah beberapa kali berganti pimpinan